Jum'at, 01 Agustus 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Malaysia dan Uni Emirat Arab Sepakati Pakta Ekonomi Syariah

Kontributor   -   Minggu, 13 Oktober 2013, 17:10 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, KUALA LUMPUR – Bank sentral Malaysia dan Uni Emirat Arab menandatangani kesepakatan pada Jumat (11/10/2013) untuk mempererat hubungan ekonomi antar kedua negara itu, termasuk dalam sektor ekonomi syariah.

Perjanjian itu ditaksir senilai US$181 miliar yang digabungkan dari aset perbankan syariah 2011 di tengah meningkatnya persaingan bisnis syariah.  

Gubernur dari kedua bank sentral menandatangani nota kesepahaman di sela-sela pertemuan antara World Bank dan International Monetary Fund (IMF) di Washington.

Kesepakatan itu menjadi pertanda meningkatnya hubungan di antara pusat ekonomi syariah,  termasuk Gulf Cooperation Council (GCC) dan Asia Tenggara, walaupun masih ada perbedaan mekanisme terkait penyelenggaraan produk keuangan syariah.

Kedua bank sentral yang terlibat merupakan pendukung dari dari International Islamic Liquidity Manajemen Corp berbasis di Malaysia, yang bertugas menangani kekurangan produk pinjaman antar bank syariah.

Tahun lalu, Komisi Sekuritas Malaysia merevisi pedoman untuk screening ekuitas yang memenuhi syarat investasi Islam menjadi lebih dekat dekat dengan pedoman yang dipakai di GCC.

Industri keuangan Islam diharapkan mampu memberikan keuntungan sebesar US$1,3 triliun hingga akhir tahun. (Amanda K. Wardhani)


Editor : Fatkhul Maskur

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

 

POPULER

PILIHAN EDITOR