Hanya 147 Perguruan Tinggi Swasta Tawarkan Program Keuangan Syariah

Bisnis.com, JAKARTA Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana menggandeng lebih banyak perguruan tinggi untuk mengadopsi kurikulum mengenai pengembangan keuangan syariah.
Krizia Putri Kinanti | 27 September 2017 14:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana menggandeng lebih banyak perguruan tinggi untuk mengadopsi kurikulum mengenai pengembangan keuangan syariah.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK Sukarela Batunanggar mengatakan, saat ini persoalan kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) di bank syariah menjadi salah satu tantangan utama.

Oleh karena itu, regulator bernisiatif membangun pusat penelitian dan pengembangan SDM keuangan syariah, bekerja sama dengan sejumlah stakeholder, terutama perguruan tinggi. Ojk juga menginisiasi program vokasi pengembangan sumber daya manusia di bidang keuangan syariah untuk mendorong pengembangan industri perbankan syariah.

“Dari sekian banyak perguruan tinggi swasta yang terstandardisasi, hanya 147 perguruan tinggi swasta yang menawarkan program keuangan syariah,” tuturnya, Rabu (27/9/2017).

Sukarela menambahkan, sinergi dengan perguruan tinggi akan dilakukan melalui standardisasi kurikulum yang menggabungkan antara ilmu syariah dan ilmu ekonomi modern.

Melalui peningkatan kualitas SDM, regulator berharap pangsa pasar perbankan syariah dapat melesat. Hingga saat ini, pangsa pasar perbankan syariah baru mencapai sekitar 5,3% dibandingkan dengan perbankan konvensional.

“Sesuai dengan roadmap perbankan 2015-2019 OJK terus memperbaiki kualitas SDM, infrastruktur, dan lainnya,” ungkapnya.

Tag : bank syariah
Editor : Farodlilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top