UUS BTN Bidik Aset Rp25,9 Triliun Tahun Ini

Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) menargetkan pertumbuhan dua digit tahun ini, setelah mencatatkan kinerja yang positif pada 2017.
Puput Ady Sukarno | 27 Februari 2018 13:34 WIB
Suarana di konter syariah Bank BTN. - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) menargetkan pertumbuhan dua digit tahun ini, setelah mencatatkan kinerja yang positif pada 2017.

Direktur BTN Budi Satria mengatakan sejumlah strategi dikerahkan untuk menopang pertumbuhan aset UUS BTN, di antaranya mendongkrak pembiayaan, meningkatkan pendapatan marjin (bagi hasil) dan fee based income serta menambah penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK).

“Tahun ini, aset kami harapkan bisa meningkat 10,73% atau menjadi sekitar Rp25,9 triliun,” sebutnya di sela-sela acara Developer Gathering UUS BTN bertema Berkah: Bersinergi, Tumbuh dan Barokah, di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Peningkatan aset tersebut ditopang oleh peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 17% menjadi Rp21,045 triliun dan diiringi pertumbuhan DPK sebesar 13% atau menjadi Rp21,2 triliun.

Sementara itu, KPR masih menjadi kontributor utama pada bisnis UUS BTN. Tahun ini, kenaikannya ditargetkan mencapai16,94% dari pencapaian tahun lalu yang menyentuh Rp12,7 triliun.

“Kinerja UUS BTN pada 2017 tidak lepas dari peran developer. Oleh karena itu, tahun ini sinergi dengan para pengembang akan terus kami perkuat,” ujar Budi.

Sebagai apresiasi atas peran pengembang, perseroan memberikan penghargaan kepada sepuluh Pengembang Mitra terbaik berupa Piagam Penghargaan dan Tour Perjalanan Wisata ke Jepang.

UUS BTN terus berusaha meningkatkan pembiayaan KPR melalui sisi pasokan dan permintaan perumahan. Langkah ini dilakukan melalui kerja sama dengan pengembang untuk meningkatkan pasokan serta bermitra dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta untuk meningkatkan permintaan.

Selain memperkuat sinergi dengan pengembang dan instansi pemerintah maupun swasta, BTN juga meningkatkan fee based income dengan membuat inovasi pada produk KPR. Di antaranya adalah membuat bundling melalui produk bancassurance serta program KPR Bundling Isi Rumah dan KPR Bundling Multijasa Umroh.

“Kami juga aktif melakukan ekspansi dengan penambahan outlet Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS) dan Kantor Kas Syariah (KKS) di beberapa wilayah,” tambahnya. 

Tag : btn
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top