Industri Halal Jadi Lapak Bisnis Potensial Bagi Keuangan Syariah

Bank BCA Syariah optimistis pada tahun-tahun mendatang industri halal bakal menjadi lapak bisnis yang potensial.
Dini Hariyanti | 17 Mei 2018 21:45 WIB
Nasabah saat melakukan transaksi di salah satu kantor Bank BCA Syariah yang ada di Jakarta. (Bisnis - Nurul Hidayat)

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank BCA Syariah optimistis bahwa pada tahun-tahun mendatang industri halal bakal menjadi lapak bisnis yang potensial.

Presiden Direktur BCA Syariah, John Kosasih mengatakan, sejalan dengan berkembangnya industri keuangan syariah termasuk di sektor perbankan akan memunculkan kebutuhan atas ekosistem yang mendukung. Industri halal dapat menyempurnakan ekosistem tersebut.

“Usaha memajukan ekonomi syariah dampaknnya positif kepada berbagai bidang termasuk perkembangan industri halal,” tuturnya kepada Bisnis, di Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Ditanya soal realisasi pembiayaan BCA Syariah kepada industri halal, John menyatakan, pihaknya sudah melakukan itu. Tapi, perseroan tidak secara spesifik mengelompokkan debitur-debitur yang bisnisnya bergerak di industri halal atau tidak.

Yang pasti, BCA Syariah sedikit banyak sudah menyalurkan pembiayaan kepada perusahaan di sektor makanan halal. Bidang usaha halal lainnya semisal pariwisata, imbuh John, bukannya perseroan enggan memberi pendanaan tetapi memang belum ada permintaan yang masuk.

“Kami memproyeksikan pertumbuhan industri halal akan tumbuh dengan baik apabila tetap konsisten didorong terus. Kami juga masuk ke pembiayaan di bidang fesyen halal yang pertumbuhannya juga sangat baik,” kata dia.

Tag : bank syariah
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top